Jumat, 06 Februari 2009

JURNAL 6

T.E.R.A.S
Salam
Bulan desember merupakan bulan terkahir pada tahun masehi. Sebuah bulan tempat bergantinya tahun baru, sehingga setiap akhir bulan banyak acara yang menyambutnya hari ibu pada tanggal 22 Desember, Hari Natal 25 Desember serta pada tanggal 31 desember menyongsong pergantian tahun. Sebuah harapan untuk bisa memperbaiki langkah hidup di masa yang akan datang.

S . E . R . A . M . B . I
I B U
Oleh: Williarko Firdaus


...Kalau aku ikut ujian lalu ditanya tentang pahlawan/ namamu ibu yang akan kusebut paling dahulu/ lantaran aku tahu/ engkau ibu dan aku anakmu....
(Potongan sajak “Ibu” – D. Zawai Imron
Ibu adalah segala-galanya bagi kita. Semuan permintaan kita di masa kanak-kanak pasti selalu akan dipenuhi oleh ibu Betapa besar kasih sayang ibu kepada anaknya hingga pepatah mengatakan,: Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak senajang galah”
Sejak dalam kandungan ibu memelihara kita dengan sangat hati-hati sampai kita dewasa. Mungkin kalau dihitung jasa-jasa ibu, kita tidak akan sanggup membayarnya.
Mematuhi semua periuntah ibu, akan sangat menyenangkanya, adalah yang terbaik. Seklaigus kita dituntut untuk selalu menyanyangi sampai akhir hayat dikandung badan.
Jasa yang telah iubu berikan terhadap kita adalah yang terbaik untuk masa depan. Jasa ibu sangat penting. Ia telah memelihara dan memberikan suatu pelajaran yang sangat penting bagi kita; kasih sayang. Dari sanalah kita akan menjadi berguna bagi nusa dan bangsa.
Selalu melaksnakan perintahnya dan menjauhi larangannya adalah suatu contoh pengabdian kita terhadap ibu. Selain membuatnya bangga dan senantiasa gembira juga termausk pengabdian kepadanya. Jangan pernah sakiti hati dan perasaaan ibu. Perlakuan itu akan membuatnya kecewa terhadap anak-anaknya.
Begitu besar kasih sayang ibu terhadap anak-anaknya. Anak yang akan menentukan masa depan bangsa. Sehingga pantaslah kalau ibu menentukan masa depan suatu bangsa. Tidak berl;ebiahn jika setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Kasih sayangnya begitu besar, maka kita harus membalasnya dengan hal yang sama.
Buatlah ibu kalian selalu merasakan bangga terhadap anak-anaknya yang telah dipeliharanya sejak kecil. Buatlah ia selalu merasa gembira terhadap apa yang telah kita lakukan sampai saat ini
Sumenep 5 Desember 2008


TAHUN BARU
Oleh Williarko Firdaus
Tahun baru merupakan pergantian waktu yang amat dinantikan saat berakhirnya tanggal 31 desember. Masyarakat di berbagai kota termasuk di kota sumenep turut merayakan pergantian tahun tak melewatkan pesta yang hanya diadakan setiap akhir tahun.

Banyak aksi-aksi atau pertunjukan yang dipertontonkan misalnya; group band, hadrah, dan pawai kendaraan berkekliling sambil meniup terompet.
Perayaan tahu baru juga dapat disaksikan di layar televisi. Menurut saya hal itu sama semaraknya, dan kalau di televisi biasanya ada bermacam pesta kembang api yang menghiasi langit di angkasa. Pesta kembang api tersebut tepat dinyalakan saat pergantian waktu pukul 00.00.

Semua masyarakat di Indonesia sangat gembira menymabut datangnya tahun baru . Mereka semua berkeinginan mendoakan agar semua musibah dan cobaan di tahun lalu tidak akan terulang di tahun yang akan datang. Harapan untuk mendapatkan kehidupn yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Bagi sebagian orang malam tahun baru adalah malam perenungan untuk berhitung tindakan dan perilaku yang telah dikerjakan selama satu tahun.

Berbagai macam cara dilakukan untuk merayakan tahun baru, khsusnya di sumenep. hadirnya group band yang memberikan hiburan bagi penonton, pawai vespa dengan meniup terompet, menunjukkan kegembiraan masyarakat menyambut tahun baru. Sebagian kecil berkumpul dengan teman-temnannya atau dengan anggota keluarga di rumah sambil menyaksikan tayangan tayangan televisi.

Anak-remaja yang berkelompk dengan temna-tamannya sambil mengendarai kendaraan bermotor seringkali berakhir dengan trek-trekan. , dampak yang seringkali terjadi saat merayakan pesta tahun baru. Bahkan hampir setiap malam minggu di hari biasa mereka kebut-kebutan di jalan raya membahayakan jiwanya. Ada baiknya pak polisi ikut serta dalam perayaan ini untuk menhindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, di tahun baru ini saya berdoa agar belajar saya lebih mantap , prrestasi belajar meningkat, dan lebih bersemangat menghadapi tantangan di masa depan.
Semoga kejelekan –kejelekan di tahun lalu tidak terulang kembali di tahun yang akan datang.
Sumenep, 12 desember 2008



P . A . N . G . K . E . N . G .
Sajak Millenia Pasca Dina Putri
SURAT UNTUK IBU
Hari iini tanggal 20 desember, tinggal dua hari lagiu peringatan hari ibu. Aku ingin mengucapkan selamat hari ibu lewat surat
Ibu sangat berjasa bagi kita, mengandungku 9 bulan
Ibu melahirkan kita, dan mempertaruhkan nyawanya
Ibu yang menyusui kita, ketika kita menangis di waktu bayi
Ibu merawat kita dari kecil sampai besar, dengan penuh kasih sayang
Ketika kita sakit, ibu yang selalu merawat.ketika kita masuk rumah sakit ibu yang menjaga

Selamat hari ibu
Jangan lupa dibaca ya ibu.


PESAWAT TERBANG
Karya:
Mohammad Azmil Ramadhan*

Begitu indah namamu
Aku terpana melihatmu
Terbang di angkasa
Membelah langit biru
Aku ingin mengendaraimu
Membawa banyak orang
Pergi mengelilingi dunia

*siswa kelas IIIb SDN Pajagalan II Sumenep.
Alamat rumah: Jl. Dewi Sartika IX./12 Perumahan Bumi Sumekar Asri – Kolor Sumenep 69417

Tidak ada komentar:

Posting Komentar