Sabtu, 04 Juli 2009

JURNAL 11


S.A.L.A.M

Assalamualaikum wr.wb.
Jurnal kecil anak kita edisi kali ini menerbitkan tulisan (cerita pendek) karya Millenia Pasca Dina Putri. Cerita yang berawal dari pengalaman yang kemudian diungkap ke dalam tulisan. selamat membaca.


CERITA
Karya: Millenia Pasca Dinaputri
*penulis dikenal dengan nama panggilan Sisil kelas V SDN Pajagalan I- Sumenep

BERLIBUR DI BULAN PUASA

Saat itu aku sedang puasa. Aku dan keluargaku ingin berlebaran bersama nenekku. Aku berlibur ke Malang. Kami bersama berangkat ke Malang pagi-pagi. Aku merasa lapar tetapi aku tetap berpuasa supaya dapat pahala. Kami sampai di kota Malang , di rumah Omku pukul 16.00 WIB. Aku mandi, makan, lalu istirahat.
Aku bangun pagi-pagi . lalu shalat subuh, dan kemudian mandi pagi. Aku dan mama jalan-jalan dan pergi ke pasar untuk belanja makanan persiapan untuk buka. Waktu aku pulang dari belanja tidak terasa sudahpukul dua siang hari. Aku, mbak, mama, dan tanteku memasak, sedangkan adikku anak tanteku main PS.
Setelah beberapa hari puasa. Aku mama, dan mbakku ke Jatiroto berlbur ke rumah nenek. Di sana aku menginap dua hari. Aku melanjutkan perjalanan ke Sungkowono bersama semua keluargaku. Aku pulang ke Jatiroto pukul 13.30, tidak langsung ke rumah nenek, tetapi masih jalan-jalan ke Mates di Jember.
Aku baru pulang pukul enam belas, karean di rumah nenek tidak ada yang memasak makanan, semuanya membeli gule dan sate. Kami makan bersama
Hari lebaran yang dinantikan pun tiba. Aku sangat berbahagia. Aku meminta maaaf ke yang lebih tua. Kami saling bermaf-maafan.

Sumenep, 7 desember 2008

KAKAKKU IKUT PADUAN SUARA

Suasana gedung snagat ramai, karena hrai itu acara perpisahan siswa kelas XII SMA 1 Sumenep. Semua siswa dan orangtua murid hadir di gedung yang cukup luas tersebut. Mereka memakai pakaian yang bagus-bagus, terutama siswa kelas XII. Mereka ada berpakaianan ala ratu, pembalap, petrani, pakaian khas china, dan pakaian seperti tengkorak. Mereka ingin memberikan kenangan terindah untuk sekolah yang saat ini melepaskannya.

Pertunjukan di panggung benar-benar meriah; ada perwakilan dari siswa kelas X, XI dan kelas XII. Ada nusik tradisional ul-daul, tari muangsnagkal, dancer, teater, aneka band, dan paduan suara.

Peretunjukan yang paling berkesan bagiku adalah paduan suara. Aku menukainya, karena suaranya merdu dan indah didengarkan. Juga aku senang melihatnya karena disitu ada kakakku yang menjadi anggota paduan suara.

Pertunjukan yang menyenangkan hingga tak terasa pertunjukan usai. Suasana pun berubah menjadi harus saat siswa kelas XII bersalaman mengucapkan salam perpisahan.
Sumenep, 17 Mei 2009

KEHILANGAN HP DI ANGKOT

Aku dan mama baru pulang dari Matos- Kota Malang. Aku dan mama naik angkot, karena tanteku tak bisa menjemput pakai mobil pribadinya.
Di dalam angkot sangat banyak penumpang, sehingga kami berdesakan. Juga aku dan mama.

Di tengah perjalanan ada orang laki-laki sepertinya mabuk, mau muntah. Laki-laki itu mendekat ke jendela di seblah mama. Tetapi laki-laki itu hanya pura-pura muntah,sebab ketika berada di jendela di dekat mamaku, tangannya masuk ke dalam tas yang digendong mama. Mamaku tidak memperhatikannya, barangkali takut terkena muntahannya.

Aku melihta tangan laki-laki itu masuk ke dalam tas mama, tapi aku takut mengutarakanya. Setelah turun dari angkot, mamaku baru sadar Hangphone aku dan mama telah lenyap diambil copet laki-laki yang pura-pura muntahj di dekat mama.

Aku dan mama sangat sedih. Mudha-mudahan tuhan memberikan gantinya yang lebih bagus. Amin!
Sumenep, 19 april 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar