Rabu, 16 Februari 2011

JURNAL 12

SALAM
Hai kawan-kawan, lama tidak terbit, dan kali ini redaksi akan menurunkan tulisan dari teman kita, Rijzal Khalif Fitroni Firdaus dengan judul "internet dalam Dunia Pendidikan" Pemenang I SMP, dan Williarko Firdaus. Internet dan Peluang Kerja adalah tulisan pemenang ketiga lomba karya tulis antara siswa SMP se Kabupaten Sumenep - tahun 2008. Semoga ini menjadi kebangkitan jurnal ini untuk terbit kembali.


P A N G K E N G

INTERNET DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Oleh: Rijzal Khalif Fitroni Firdaus*


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dengan makin pesatrnya perkembangan dunia teknologi di berbagai sektor kehidupan merupakan tantangan baru bagi seporang pelajar untuk senantiasa mengikuti perkembangan tersebut untuk bisa eksis di tengah kehidupan. Kata kuncinya dengan mengembangkan diri secara terus-menerus melalui peningkatan pendidikan sebagai ikhtiar meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.
Seiring dengan perkembangan zaman, siswa dituntut untuk mengembangkan wawasan sebagai modal untuk mengembangkan kemampuan dan kecakapan diri. Tuntutan untuk mampu mengikuti perkembangan teknologi terbaru, sehingga mampu mengusainya dan memanfaatkannya dalam kehidupan secara nyata.
Upaya mengenali teknologi tertentu untuk keperluan pendidikan merupakan keharusan untuk dilakukan siswa. Jaringan internet untuk pembelajaran merupakan sebuah kebutuhan penting sehingga sekolah dapat menempatkan diri di tengah perkembangan sains dan teknologi yang selalu mengalami inovasi. Kebutuhan akan teknologi cyber untuk dijadikan sumber informasi atau sumber belajar, adalah kebutuhan mutlak yang tidak bisa ditolak.

1.2 Rumusan Masalah
Jika seorang berusaha untuk mencapai tujuan tertentu biasanya dihadapkan pada masalah-masalah yang harus dihadapi untuk bisa mencapai tujuan yang dicita-citakan. Permasalahan-permasalahan mengenai pemberdayaan teknologi dalam kehidupan dan secara spesifik dalam dunia pendidikan merupakan masalah yang cukup menarik. Bahwa dunia pendidikan selalu tertinggal dari kemajuan teknologi, merupakan issu yang tiada pernah kering. Issu semacam ini semakin kentara ketika sekolah sebagai lembaga pendidikan formal berkeinginan untuk menempatkan diri di tengah-tengah kemajuan tekjnologi. Parahnya hal ini belum diikuti oleh kamampuan siswa untuk mengakses teknologi tersebut sebagai sumber belajar bagi mereka. Bahkan meski mereka tahu penggunaanya, namun tidak mampu untuk membelinya.
Sehubungan dengan uraian pada pendahauluan ini, maka rumusan masalah yang akan kami bahas antara lain:
Sejauh manakah pemanfaatan internet dalam pembelajaran?
Bagaimanakah mengoptimalkan penggunaan internet dalam pembelajaran?

1.3 Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui optimalisasi pemanfataan internet khususnya dalam pembelajaran siswa
2. Untuk mengoptimalkan penggunaan internet bagi siswa dalam pembelajaran
1.4 Manfaat Penulisan
1. Karya tulis ini dapat dijadikan sumber informasi mengenai pemanfaatan internet dalam pembelejaran.
2. Dapat dijadikan acuan dalam upaya pemanfaatan internet dalam pembelajaran secara optimal.

BAB II
INTERNET DAN PEMBELAJARAN
2.1 Internet
Internet adalah jaringan informasi (data) langit yang hanya dapat diakses atau dipantau dan diperbaharui melalui komputer. Sebuah produk teknoilogi komuniakasi yang memanfaatkan jaringan telpon atau satelit untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi lewat jaringan komputer. Pada perkembangannya dunia teknologi informasi lewat ruang maya ini dikenal dengan dunia cyber.

2.2 Kegunaan Internet
Keguanaan Internet antara lain:
Internet dapat digunakan untuk mengkses sumber informasi dengan mudah dengan jumlah tak terbatas, sebanyak yang tersedia dalam situs-situs yang disediakan.
Dapat dipergunakan dalam proses belajar-mengajar.

2.3 Internet dalam Dunia Pendidikan
Penggunaan internet dalam dunia pendidikan masih sangat jauh dari harapan. Kondisi semacam ini memerlukan perhatian dari beberapa pihak terutama pemerintah dan tenaga pendidikan untuk membenahi diri dalam rangka penguasaan produk teknologi dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Upaya untuk memasukkan program internet ke sekolah-sekolah bahkan ke seluruh masyarakat yang ada di seluruh pelosok negeri ini, merupakan langkah yang sangat baik dan perlu ditingkatkan. Peningkatan tersebut tentunya tidak hanya sebatas pada kuantitasnya saja, yaitu memperbanyak memeberikan akses internet, tetapi juga harus disertai pula dengan peningkatan kualitas para siswa dan masyarakat yang nantinya akan menjadi user internet. Sehingga internet dapat menjadi m,edia teknologi yang sehat untuk memperoleh informasi, menambah wawasan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi , bukan media yang akan menjerumuskan kaum muda ke dalam kehidupan nista. Dampak yang menimbulkan permasalahan-permasalahan sosial bagi kehidupan anak dan remaja, dan menghancurkan masa depan mereka.
Dalam dunia pendidikan informasi merupakan salah satu kebutuhan untuk bisa mengembangkan wawasan para siswa, sehingga mampu beradaptasi terhadap perubahan sains dan teknologi yang tumbuh di tengah-tengah masyarakatnya. Kehadiran internet dalam dunia pendidikan sebenarnya merupakan sebuah media teknologi yang akan sangat membantu bapak-ibu guru untuk memfasilitasi belajar siswa. Perubahan sains dalam kehidupoan berlangsung demikian cepat, kadang tidak tercover dalam buku pembelejaran, sehingga dalam beberapa hal positif dalam internet sangat membantu bagi guru untuk mendapatkan perkembangan informasi sains paling aktual, sehingga apa yang diajarkan relevan dengan perkembangan yang terjadi dalam masyarakatnya.
BAB III
METODOLOGI PENULISAN
Metodologi penulisan dalam karya ilmiah ini, mempergunakan metode literer atau kajian pustaka dengan mengambil data sekunder yang ada dalam buku dan berbagai refrensi yang ada. Data yang diperoleh ditelaah secara kritis untuk mendapatkan informasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Data tersebut kemudian diplih dan dianalisis untuk menjwab permasalhan-permasalahan yang telah dikedepankan.

BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Penggunaan Internet dalam Pembelajaran
Pemanfataan internet dalam pembelajaran bukan sesuatu yang mustahil, karena kenyataannya pada beberapa sekolah yang memiliki fasilitas untuk akses internet telah menerapkannya dalam pembelajaran. Dari apa yang mereka lakukan, ternyata penggunaaan internet dalam pembelajaran sangat membantu guru dan lembaga untuk mendapatkan akses informasi yuang lebih cepat, dan variasi pembelajaran yang tidak membosankan.
Sekolah Menengah Pertama Terbuka yang didirikan kelompok tani “Qoryah Thoyyibah’ di desa Kalibening – Salatiga. Sekolah yang ada di desaa terpencil di kaki pegunungan berapi, memberikan kesempatan bersekolah bagi anak-anak desa yang terancam putus sekolah, karena mahalnya biaya pendidikan. Kegiatan belajar yang dipergunakan menempati bilik-bilik rumah Budi Pramono, salah seorang penduduk yang memiliki gagasan untuk mempergunakan internet sebagai media sumber pembelajarannya. Budi Prmono mampu membangun kerjasama dengan pengusaha warnet di kota Salatiga untuk bisa memanfaatkan internet gratis dalam lembaga persekolahan alternatif yang didirikannya.
Namun pada kenyataannya masih banyak sekolah dalam kota di negeri ini yang belum mampu memanfaatkan internet dalam pembelajaran. Penggunaaan atau penerapan internet dalam pembelajaran masih menemukan banyak kendala, terutama di sekolah negeri karena rumitnya birokrasi yang harus ditempuh. Kendala-kendala yang dihadapai baik berupa fasilitas mau pun ketersediaan sumber informasi . Beberapa permasalahan yang dihadapi, antara lain:
A. Akses Internet Masih Mahal
Meskipun sudah tersedia akses ke internet sangat mahal sehingga masih sangat sulit dijangkau oleh semua kalangan terutama insan pendidikan. Namun hal ini diharapkan akan menjadi lebih murah di masa yang akan datang. Terutama pada saat ini dengan banyaknya penawaran layanan internet murah bagi dunia pendidikan. Hanya dibutuhkan keberanian sekolah untuk memulai dan melibatkan orangtua murid untuk pendanaannya. Keterbukaan dalam pengelolaan dana memungkinkan tumbuhnya kepercayaan dari wali murid untuk turut terlibat secara langsung untuk melengkapi fasilitas sekolah dan peningkatan kualitas pendidikan. Hal ini perlu menjadi pemikiran bersama antara sekolah, orangtua murid dan pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Pendidikan untuk menjadikan akses internet dengan biaya murah dalam dunia pendidikan.
B. Akses Internet Masih Susah Diperoleh
Salah satu solusi untuk mendapatkan layanan internet adalah memanfaatkan jasa warnet (warung internet) yang ada di sekitar kota untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tetapi keberadaan warnet (warung internet) belum merata di setiap kota. Meski pun ada jasa layanan warnet, masih terbatas di kalangan tertentu karena siswa tidak memahami teknologinya dan belum mampu memanfaatkan secara optimal. Salah satu di antaranya karena di sekolah sendiri belum ada layanan internet, maka pemberian materi atau pengetahuan mengenai internet sebatas teoritis, sehingga belum mampu dimanfaatkan secara optimal. Lebih menyedihkan lagi masih banyak tenaga pendidik yang tidak bisa memanfaatkan layanan internet karena belum memahami teknologi dan penggunaannya.
Layanan internet sudah banyak digunakan oleh siswa untuk mengakses beberapa informasi yang ditugskan oleh mata pelajaran tertentu dengan memanfaatkan warung internet yang ada di sekitar kota.
C. Kurangnya Penguasaan Bahasa Inggris
Pengunaan dan petunjuk dalam penggunaan internet didominasi oleh bahasa Inggris, sehingga bagai pengguna yang kurang memahami bahasa Inggris alan sedikit mengalami hambatan dalam penggunaannya. Kendala bahasa Inggris ini saat ini bukan lagi persoalan utama, karena pada beberapa layanan yang tersdia dalam internet menyediakan pula petunjuk dalam bahasa Indomesia. Namun bagi mereka yang menguasai bahasa Inggris lebih leluasa untuk berselancara (Browsing) ke situs-situs penegtahuan yang berbahasa asing.
D. Tenaga Pendidikan Belum Siap.
Dasar penggunaan layanan internet adalah penguasaan atau keterampilan penggunaan komputer. Ternyata persoalan mewndasar ini masih menjadi kendala yang cukup berarti, karena masih banyak tenaga pendidikan yang belum mampu mengoperasikan komputer. Jika tidak bisa mengoiperasikan komputer, tentu akan mengalami kesulitan untuk mengoperasikan layanan internet.
4.2 Perubahan Paradigma Pembelajaran
Jika sekolah atau lembaga pendidikan ingin maju, maka tidak jalan lain kecuali untuk terus-menerus melakukan perubahan. Sekecil apa pun perubahan yang dilakukan di lain waktu akan memberikan pengaruh yang berarti dalam dunia pendidikan. Perubahan besar diawali oleh sebuah perubahan kecil.
Maka, ketika dunia teknologi bergerak demikian cepat dengan akselerasi informasinya, tentu dunia pendidikan harus selalu bergerak untuk melakukan perubahan sehingga tetap bisa tumbuh dan berkembang di dalam lingkungannya secara progresif. Perubahan-perubahan itu dapat dimulai dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidikan dan pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan perkembangan yang ada.
Layanan internet dalam dunia pendidikan adalah sebuah kebutuhan yang tidak dapat dihindari. Suatu kebutuhan untuk menjadikan layanan internet sebagai media belajar, sekaligus sebagaisumber untuk menggali informasi. Untuk mencapai ke arah tersebut, maka pengadaan layanan interbnet bagi setipa sekolah adalah wajib. Karena hanya dengan demikian kita bisa berinteraksi dengan berbagai masyarakat dari berbagai belahan dunia. Melalui layanan internet semua orang bisa melakukan akses informasi secara cepat pada saat yang sama dari berbagai belahan dunia.
Persoalan pengadaan yang memerlukan biaya mahal, adalah sebuah persoalan klasik yang perlu mendapat perhatian bersama, yaitu orangtua atau masyarakat dan pemerintah. Persoalan ini akan menjadi ringan ketika pemerintah daerah atau setempat menganggarkan utnuk memberikan dana bagi setiap sekolah untuk pengadaan layann internet. Hal ini sangat memungkinkan karena pemerintah daerah memiliki peluang yang berarti saat diberikan otonomi untuk mengelola pemerintahannya. Artinya kemajuan dunia pendidikan juga sangat ditentukan oleh kebijakan yang dihasilkan oleh pemerintahan setempat.
Kedua, pelatihan bagi para tenaga pendidik untuk mengoperasikan komputer yang amat dibutuhkan dalam dunia pembelajaran. Di jaman seperti ini, pemanfaatan komputer untuk pembelajaran adalah sebuah tuntutan untuk bisa memberikan pembelajaran yang nyaman, menyenangkan dan sesuai dengan tuntutan perkembanagn teknologi informasi. Sebab, dunia pendidikan sebgai dunia yang mampu mempengaruhi dan mencetak seseorang untuk menjadi lebih baik dari sisi kognisi ataupun dari sisi kehidupan dan keterampilan atau vokasionalnya. Maka, apabila tenaga pendidikan di suatu lembaga pendidikan selalu mengikuti kemajuan perkembangan teknologi, tentu hal itu akan berpengaruh positif terhadap peserta didik untuk mengikutinya. Penguasaan teknologi internet bagi para pendidik akan menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Pengalaman pendidika dalam memanfaatkan layanan internet akans angat berpengaruh terhadap efektifitas penggunaaannya dalam pembelajaran. Semakin sering guru memenfaatkan internet untuk akses informasi maka semakin efektif dalam pemanfatan dan pencapainannya dalam pembelajaran.
Ketiga, dengan pembelajaran mengunakan internet dalam dunia pendidikan atau persekolahan, maka akan memberikan pengalaman yang berarti bagi peserta didik untuk mengenal beberapa situs yang banyak memberikan informasi yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan. Sekaligus pengenalan internet di dalam dunia pendidikan bisa membekali anak untuk tidak memasuki situs-situs yang buruk pengaruhnya bagi kehidupan mereka.
Keempat, pemanfataan internet dalam dunia pembelajaran akan sangat membantu bagi guru untuk mengakses informasi perkemabangan mutakhir pengetahuan yang diajarkan, dan sangat memungkinkan belum termaktub dalam buku pelajaran.

BAB V
PENUTUP
5.1 Simpulan
1. Pemanfaatan internet dalam pembelajaran belum dilakukan secara optimal. Masih banyak sekolah yang belum memiliki layanan internet sehingga masih merupakan sesuatu yang asing bagi siswa-siswinya. Pemanfataan yang dilakukan pada saat sekarang dalam penugasan guru mata pelajaran terhadap siswa dengan memnafaatkan jasa warung internet yang ada didalam kota.
2. Belum optimalnya pemanfataan internet dalam pembelajaran, karena salah satu penyebabnya, masih banyak guru yang belum bisa mengoperasikan komputer, salah satu syarat utama untuk bisa memanfaatkan layanan internet.
3. Optimalisasi penggunanaan layanan internet dalam pembelajaran hanya dapat dilakukan jika di dalam sekolah tersedia layanan internet, dan guru berpengalaman dalam memanfaatkannya. Sehingga kecakapan guru dalam mengoerasikan akan membuat penggunaan internet lebih efektif dalam pembelajaran.
5.2 Saran
1. Sekolah
Layanan internet untuk pembelajaran merupakan sebuah kebutuhan bagi peserta didik sehingga bisa mengkases informasi yang dibutuhkan sebanyak-bayaknya dengan waktu yang cepat. Kendala kpengadaan dapat dilakukan rembuk antara orangtua dengan pihak sekolah untuk memikul beban biaya yang dibutuhkan. Hal ini hanya dapat dilakaukan jika pihak sekolah dapat menyampaikan kebutuhannya bagi orangtrua, dan segala sesutaunya dilaporkan secara terbuka kepada orangtua.
2. Pemerintah Daerah
Pemerintah Daerah seharusnya memikirkan dan memprogramkan secara terencana kebutuhan dunia informasi bagi dunia pendidikan., sehingga siswa bisa mengakses informasi dengan cepat dan murah. Hanya dengan demikian siswa bisa meningkatkan wawasannya dan pengetahuannya seiring dengan perkembanagn sains dan teknolgin yang demikian pesat dan cepat.




DAFTAR PUSTAKA
Haryadi,Dwi,SH.,MM.2008, “Internet Dalam Dunia Pendidikan”, http://www.ubb.ac.id./ 27 Maret
Rekdale, Phillip. 2001. Internet dan Pendidikan. e-majalah.com
------------,“Manfaat Internet untuk Pendidikan” dalam bambangp4tk.wordpress.com, 24 November 2007.
------------, “Sekolah Online di Kaki Merbabu” dalam www.pendidikansalatiga.net.


*penulis saat ini duduk di kelas X Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional - SMA Negeri 1 Sumenep.

=============================================================

INTERNET DAN PELUANG KESEMPATAN KERJA
Oleh:
Williarko Firdaus


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Arus globalisasi begitu kuat membawa masyarakat Indoensia memasuki era informasi dan komunikasi. Peristiwa dari berbagai belahan dunia dapat disaksikan secara bersamaan. Kemajuan dalam dunia komunikasi dan informasi melalui jaringan internet dengan memanfaatkan saluran telepon. Peristiwa dari berbagai penjuru dunia dapat dengan mudah dancepat sampai di hadapan dan disaksikan dalam waktu yang bersamaan di tempat yang berbeda.
Internet merupakan salah satu media teknolog paling populer dan terus mengalami perkembangan untuk memenuhi hasrat dan kebutuhan manusia. Berbagai macam situs dan layanan, dan berbagai aplikasi disediakan did alamnya. Internet sebagai produk teknologi telah menempatkan diri sebagai penyedia informasi, tanpa dibatasi oleh wilayah geografis, jarak, dan waktu. Kapan saja dimana saja, informasi dapat diakses oleh siapa pun yang membutuhkannya.
Kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain adalahsalah satu keuntungan layanan internet, selain bisa mengakses informasi dalam jumlah banyak dan waktu yang cepat. Dunia maya, begitu orang menamakannya. Pada mulanya dianggap sebuah dunia fiksi, bayangan, namun kemudian dibuituhkan dan menjadi sebuah dunia baru yang menyajikan aneka kehidupan, Ada kisah, toko, pasar, klinik, rumah sakit, dan sebagainya.
Dunia baru yang memberikan kemungkinan-kemungkinan baru bagi kehidupan manusia. Sehingga setiap lembaga atau perkantoran tidak cukup hanya membangun gedung dan aneka fasilitasnya tanpa membuat sebuah website sebagai pangkalan informasinya di dunia maya.

1.2 Rumusan Masalah
Internet sebagai dunia baru dalam kehidupan teknologi informasi, belum sepenuhnya dipahami da dimanfaatkan masyarakat untuk mendspatkan aneka informasi yang dibutuhkannya. Utamanya tenologi ini masih menjadi hal baru bagi masyarakat Indonesia.
Masalah:
Bagaimanakah kegunaan internet dalam kehidupan saat ini?
Bagaimanakah peluang kesempatan kerja dengan memanfaatkan internet.

1.3 Tujuan Penulisan
Disusunnya karya tulis ini memiliki tujuan:
untuk mengetahui kegunaan internet dalam kehidupan saat ini
untuk mengetahui peluan atau kesempatan kerja dengan memanfaatkan internet

1.4 Manfaat Penulisan
Karya tulis ini dapat dijadikan:
sumber referensi mengenai kegunaan internet dalam kehidupan
sumber informasi mengenai peluang kesempatan kerja dengan memanfaatkan internet.



BAB II
INTERNET DAN KEHIDUPAN NYATA

2.1 Internet
Dunia maya, begitu para pengguna internet menamakannya. Sebuah layanan atau jaringan informasi atau data langit yang hanya bisa diakses melalui komputer ( Philip Rekdale:2001). Suatu layanan informasi yang menyediakan aneka data sesuai yang tersedia dalam setiap layanan yang telah diklasifikasi dan didokumentasikan. Dnunia internet tidak hanya melayani data-data tekstual ,anmun juga bisa berhubungan dengan audio, gambar, audiovisual dan bahkan layanan untuk bisa melakukan konferensi jarak jauh (teleconference).

Begitu pesat perkembangan dunia internet, sehingga saban waktu data-data yang ada di dalamnya senantisa mengalami pembaharuan sesuai dengan perkembangan informasi yang ada. Ketersediaan data yang senantiasa berkembang, sehingga setiap orang atau setiap profesi dapat memanfaatkannya sebagai sumber informasi. Bagi siswa manfaat internet, antara lain:
Mereka bisa belajar sendiri dengan cepat
Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian
Belajar berinteraksi melalui peraatan treknologi komunikasi
Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada di seluruh dunia
Meningkatkan komunikasi dengans iswa lain, melalui chating, mailing list, ataupune-mail
Sementara bagi seorang guru internet dapat dimanfaatkan untuk:
Meningkatkan pengetahuan bagi dirinya sendiri
Dapat bekerjasama dengan guru-guru lain dari berbagai daerah, bahkan antar negara mau pun antar benua.
Berbagai informasidi antara rekan sejawat atau sepertemanan

Manfaat internet sangat berarti bagi guru dan peserta didik untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan wawasan keilmuan, sehingga mampu mensejajarkan bangsa ini dengan bangsa lain yang lebih maju. Sehingga di jaman serba teknologi ini tidak berlebihan jika kemudian lembaga pendidikan mengaplikasikan internet dalam pembelajaran di sekolah, Naumharapan ini masih menjadi impian, akeran tidak semua sekolah memanfaatkannya. Juga tidak semua anggota masyarakat paham dan mengerti pemanfaatan dan kegunaan internet.
Kendala penggunaan internet dala m kehidupan kita antara lain:
1. faktor tingkat pendidikan orangtua yang rendah sehingga kemampuan mendidik anak rendah pula
2. sosial budaya masyarakat yang tidak memungkinkan anak mendapatkan pendidikan yang layak
3. Bagi yang berada di pelosok desa, internet merupakan hal baru dan belum terjangkau karena biayanya mahal

2.2 Pemanfaatan Internet dalam Kehidupan
Perlu dipahami bahwa sampai saat ini pemanfaatan internet untuk memenuhi kebutuhan informasi masih relatif rendah. Internet bagi sebagain masyarakat merupakan hal baru. Karenanya tidak sedikit dari mereka yang mampu memanfaatkan akses internet untuk mendapatkan informasi. Juga karena untuk mengaksesnya mengeluarkan biaya, maka hal tersebut merupakan kendala yang lain bagi merekla yang tidak memiliki kemampuan secara ekonomis.
Secara informatif layanan internet bisa diakses sampai ke pelosok desa asal tersedia jaringan telpon untuk mengaksesnya. Sebuahkemajuan yang akan meniadakan jarak atau sekat antara desa dengan kota, karena antara keduanya dapat mengakses informasi yang sama.
Komunikasi antar masyarakat dunia semakin terbuka untuk saling berinteraksi dan bertukar informasi, melakukan transaksi secara elektronik (on-line) sesuatu hal yang sekarang nyata di hadapan kita. Hampir semua Bank yang ada, saat ini melakukan transaksi secara on-line. Sebuah kemudahan yang memungkinkan penabung untuk menarik atau mengambil uang tabungannya dari berbagai kota. Hdirnya toko buku on-line, semacam Amazone.com, e-book, gramedia.com, dan semacamnya sesuatu yang hadir di hadapan kita. Kenyatan yang dalam era dunia maya.



BAB III
METODOLOGI PENULISAN

Karya tulis ini mempergunakan metode kajian pustaka (kajiaj literer) dengan mengambil data atau informasi dari data sekunder atau sumber pustaka. Data yang telah diperoleh kemudian ditelaah sesuai dengan ebutuhan dan kemudian dikrtitisi untuk menjawab permasalahan yang ada.



BAB IV
INTERNET DAN PELUANG KERJA

4.1 Teknologi Masa Depan
Internet sebagai salah satu produk teknologi secara nyata telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, utamanya manfaat untuk mendapatkan informasi yang cepat. Bahkan dengan kemajuan teknologi satelit – layanan Google mampu mengajak kita untuk melihat hunian di permukaan bumi dati ketinggian dua ratus meter dari dalam ruang pribadi kita dengan mempergunakan perangkat komputer dan saluran telepon.
Tidak ada lagi yang bisa disembunyikan dalam kehidupan saat ini, karena berkat kemajuan teknologi semua bisa terdeteksi dan dapat disaksikan oleh amsyarakat dunia. Dari sini sebuah impian mulai dibayangkan dan suatu hari kelak dapat menjadi kenyataan.
Jika dalam kehidupan nyata ada pemerintahan yang mengatur adminsitrasi dan menata kehidupan masyarakatnya. Dalam dunia internet (maya) juga dikenal pemerintahan e-goverment. Sebuah ruang layanan pemerintahan yang menyediakan aneka ionformasi bagi masyarakat yang membutuhkannya. Sebuah ruang terbuka, siapa pun bisa masuk dan meninggalkan pesan , atau mmebrikan kritik untuk kemajuan pemerintahan.

4.2 Internet; Sumber Penghidupan Baru
Selain program aplikasi (soft ware), internet semkain berarti bai kehidupan masyarakat. Di dalamnya tersedia banyak kemungkinan untuk mengakses informasi sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Menariknya dari informasi yang disediakan pada beberapa situs ada yang diberikan secara gratis atau Cuma-Cuma. Namun tidak sedikit pula ketika kita membuthykan untuk mengunduh (download) terlbih dahulu harus menyerahkan sejumlah nuang melalui rekening bak yang telah ditunjuk. Kenyataan baru dalam kehidupan bahwa dunia internet juga meneydiakan layanan jual beli aneka kebutuhan masyarakat. Menariknya dalam dunia semacam ini akhirnya terbangun rasa saling membutuhkan. Pada akhirnya doi beberapa situs yang sering dikunjungi menawarkan tayanganiklan yang tentunya tidak lagi gratis, tetapi harus mebayar profit untuk jangka waktu tertentu.
Bagi pelajar dunia internet meneydiakan kebutuhan mereka baik berupa buku elektronik yang dikenal dengan e-book , bimbingan belajar on-line sebagai lahan pekerjaan bagi lembaga bimbingan belajar sehingga bisa melayani seluruh masyarakat yang membutuhkan bukan dari satu kota bahkan sangat memungkinkan masayrakat dari ebrbagai negara. Aneka kursus keterampilan dilakukan secara on-line dengan membayar uang tertentu maka panduan dapat segera diunduh (download).
Bagi tenaga pendidikan , dunia internet merupakan ruang terbuka untuk mengakses perkembangan pengetahuan yang berlangsung setiap waktu. Percepatan informasi selalu meninggalkan buku pelajaran atau buku teks yang dipergunakan guru. Peluang yang kemudian memunculkan penawaran-penawaran informasi melalui internet.
Tanpa disadari internet yang semula dicemoohmsebagai ruang maya yang penuh dengan dusta, saat ini telah berubah menjadi sebuah ruang terbukan yang memungkikan segalanya menjadi nyata.
Pada kenyataannya saat ini banyak programer komputer yang menjual jasanya lewat layanan on-line, para penulisa naskah mengirimkan karyanya lewat e-mail, sehingga dapat sampai ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat. Kemudahan-kemudahan yang membuka peluang usaha bagi setiap orang untuk mencari potensi diri sehingga berpeluang untuk mendapatkan kerja sesuai dengan tuntutankebutuhan dunia internet. Semua serba memungkinkan. Mimpi-mimpi akan menjadi kenyataan, kata para motivator jika disertai dengan kerja keras dan kemauan untuk selalu mengembangkan diri dan pantang menyerah terhadap hamabatan yang ada.


BAB V
PENUTUP

5.1 Simpulan
Internet memiliki peran sangat penting dalam kehidupan saat ini, di antaranya : (a) kemudahan – kemudahan untuk mengakses informasi melalaui berbagai macam situs. (b) berkomunikasi dengan orang lain dari jarak jauh dalam sebuah telekonferensi sehingga sepetinya kita berada dalam satu ruangan;(c) peluang mendapatkan penghasilan dengan menjualinformasi melalui beberapa layanan yang tersedia.
Peluang untuk mendapatkan pekerjaan sangat terbuka terutama bagi mereka yang menguasai teknologi informasi sebagai kemapuan yang dibutuhkan untuk membuka dan meraih peluang kerja di internet. Peluang itu dapat diraih karena dengan promosi di internet penawaran kita dapat dibaca oleh berbagai masyarakat dunia tanpa dibatasi oleh batas geografis. Sebuah peluang besar yang tidak akan ditemukan saat kita memasarkan barang melalui dunia nyata.

5.2 Saran
Pemerintah perlu memperhatikan untuk memasukkan internet dalam pembelajaran di sekolah, sehingga anak dan remaj mulai akrab dengan internet, mampu memanfaatkannya, dan bisa memanfaatkan peluang-peluang kerja yang mungkin tersedia di dalamnya. Pengenalan teknologi kepada kaum muda sejak ini memberikan peluang bagi mereka untuk menegal lebih manfaat positifnya, sehingga mereka tidak terjerumus atau diperbudak teknologi.


Daftar Pustaka
Haryadi,Dwi,SH.,MM.2008, “Internet Dalam Dunia Pendidikan”, http://www.ubb.ac.id./ 27 Maret
Rekdale, Phillip. 2001. Internet dan Pendidikan. e-majalah.com
------------,“Manfaat Internet untuk Pendidikan” dalam bambangp4tk.wordpress.com, 24 November 2007.
------------, “Sekolah Online di Kaki Merbabu” dalam www.pendidikansalatiga.net.
------------,2007.Peran Internet Bagi Pendidikan Anak. http://ceplar.wordpress.com/
16 november
*penulis saat ini siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sumenep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar