Jumat, 27 Maret 2009

JURNAL 8

JURNALKECIL ANAK KITA

S . A . L . A . M

Apa yang menarik dari sebuah buku? Jendela Dunia! Kata orang bijak. Namun masihkah buku menjadi jendela dunia ketika infrmasi yang diberikan terbatas hal-hal tertentu. Gugatan ini tidak berlebihan, karena semenjak internet menjadi bagian keseharian dalam kehidupan kita. Dunia terasa sempit, dalam bentangan jarak yang jauh jadi ciut dan hampir dalam waktu bersamaan kita dapat mngakses berbegai in formasi melalaui mesin pencari Google.

Barangkali dunia buku atau kertas akan segera berakhir, dan sebagai gantinya digitalisasi dalam berbagai publikasi informasi demikian marak. Barangkali dunia buku akan segera berakhir dalam kehidupan kita. Itu tak penting, tetapi dalam diri kita harus tetap ditumbuhkan kecintaan terhadap keinginan untuk mengebangkan wawasan dan penegtahuan. Hanya dengan berpengetahuan derajat manusia akan dimuliakan.

BUKU LAWAN GOOGLE

OLEH: Samudera Hidayatullah*

Dunia maya atau dunia internet merupakan suatu hal yang tidak tabu lagi. Dunia internet sudah merambat di semua kalangan masyarakat.
Kita tahu bahwa internet merupakan suatu sumber ilmu penegtahuan terbesar dan terbanyak sat ini. Kita bisa mencari semua informasi yang dibutuhkan di berbagai website yang tersedia. Cara mendapatkan infromasi dalam internet membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama. Hanya dalam hitungan detik kita bisa mendapatkan pelbagai informasi yang kita butuhkan.
Kita bisa mengaplikasikan internet dalam dunia pendidikan, khusunya bagi pelajar bisa memanfaatkannya untuk mencari berbagai sumber informasi; materi pelajaran, soal-soal, dan sebagainya dalam satu lembar halaman.
Namun mengapa dunia pendidikan sekarang banyak yang belum mengenal dunai internet, bahkan sama sekali tidak diaplikasikan dalam dunia pendidikan. Padahal kita tahu banyak hal yang bisa didapatkan dalam internet.
Apakh penyebab kejadian ini? Mungkin masih ada guru yang gaptek, ataukah ada siswa yang gaptek.
Siswa ketika belajar melalui internet terlihat begitu bersemangat, karena mereka bisa menghilangkan kejenuhan. Mereka bisa lebih mengerti materi pelajaran dibandingkan dengan belajar melalui buku. Jika mereka jenuh membaca dapat beralih mencari suatu hal baru, permainan, yang bersifat rekreatif.
Disamping belajar mereka juga juga mengerti hal lain. Sambil belajar mendengarkan musik. Bila sudah capek dapat melakukan chatting. haaaha

*penulis adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sumenep

P . A . N . G . K . E . N . G
SAJAK-SAJAK MILLENIA PASCA DINAPUTRI

PAGI-PAGI

Aku bangun pagi-pagi mendnegar ayam berkukuruyuk
Aku membantu mama
setelah selesai mandi
aku bersiap-siap ke sekolah

sebelum aku berangkat, selalu makan pagi
bersama kakakku
aku memakai sepatu lalu bera ngkat ke sekolah
Tapi aku tak lupa untuk pamit ke orangtua


USAI PANEN
Aku melihat petani sedang memanen padi
Mereka sangat sibukmemotong batang padi
Bekerjasam menyelsaikan kerja

Di sawah terlihat kupu-kupu, segerombol burung terbang di udara
Terlihat juga orang-orangan bergoyang-goyang diterpa angin
Mengusir burung pipit yang ingin mencuri padi

Di pematang ada pohon pisang rumput liar dan alang-alang
Dan di kejauhan terlihat menara tinggi mrngibar bendera
Sungguh indah pemndangan sawah pagi ini

MUSIM HUJAN

Karena air yang menguap dan mendung yang terbawa angin
Turun sebagai hujan

Tidak ada yang menggembirakan karena jalanan
Menjadi licin dan becek

Jika hujan terlalu lama dan deras pasti terjadi banjir dan
Mengganggu aktivitas manusia
penulis adalah Siswa Kelas IV SDN Pajagalan I – Sumenep
dan aktiv sebagai anggota SAVANT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar